Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Berpikir Tanpa Batasan

Kenyataannya, saya tidak akan pernah tahu semua yang perlu diketahui tentang Anda, sama seperti Anda tidak akan pernah tahu semua yang perlu diketahui tentang saya. Manusia pada dasarnya terlalu rumit untuk dipahami sepenuhnya. Jadi, kita bisa memilih untuk mendekati sesama manusia dengan kecurigaan atau mendekati mereka dengan pikiran terbuka, sedikit optimisme, dan kejujuran yang besar. – Tom Hanks




Apakah Anda berpikiran terbuka? Terkadang, sulit untuk tetap terbuka terhadap ide-ide baru dan cara berpikir baru karena itu membutuhkan lebih banyak usaha, lebih banyak energi, dan pola pikir yang tepat yang tidak selalu mudah dikembangkan. Tetapi Anda harus mencobanya – mari kita telusuri alasan mengapa memiliki pikiran terbuka dapat bermanfaat bagi Anda.

Meningkatkan Hubungan Anda

Keuntungan pertama dari bersikap berpikiran terbuka adalah memberi Anda kesempatan untuk meningkatkan hubungan Anda. Penghakiman, kebalikan dari berpikiran terbuka, jarang berkontribusi pada ikatan yang solid, karena ini sering kali melibatkan kritik terhadap pilihan orang lain.

Ketika kita tertutup terhadap kemungkinan baru, kita mungkin mengabaikan orang lain karena siapa mereka atau apa yang mereka lakukan. Kita juga dapat merusak hubungan kita yang sudah ada dengan tidak mengizinkan orang untuk sepenuhnya jujur kepada kita, karena takut dihakimi. Melepaskannya pasti akan sangat bermanfaat bagi hubungan kita dan memungkinkan kita untuk membuat koneksi baru dengan mudah.

Mengurangi Stres

Sumber stres yang umum berasal dari penilaian yang kita buat terhadap orang lain, karena itu juga berarti kita lebih sadar bahwa orang lain mungkin menilai kita. Ketika kita menginvestasikan banyak energi untuk bertanya-tanya apakah apa yang orang lain lakukan baik atau buruk, pantas atau tidak pantas, itu juga berarti kita mungkin lebih peduli tentang pengalaman kita sendiri dan bagaimana kita dipersepsikan.

Penghakiman menyebabkan lebih banyak stres. Kita mungkin merasa marah atau cemas karena penilaian yang kita buat dan stres tentang pengalaman baru yang kita hadapi, karena itu tidak sesuai dengan pola yang ada dalam pikiran kita. Membuka batasan ini dapat membebaskan kita dari banyak stres.

Meningkatkan Kemampuan Kita Mengelola Perubahan

Perubahan adalah hal yang konstan dalam hidup. Kita tidak bisa menghindarinya tidak peduli bagaimana kita mencoba. Penting untuk mengembangkan kemampuan yang baik untuk mengelola perubahan dan beradaptasi dengan situasi baru. Orang yang berpikiran terbuka memiliki keuntungan yang signifikan dalam hal ini.

Berpikir terbuka memungkinkan kita untuk lebih fleksibel dan mengikuti perubahan. Ini dapat membuat kita lebih tangguh bahkan ketika keadaan berjalan ke arah yang berbeda dari yang kita harapkan. Kita lebih mampu menerima ide-ide baru, peningkatan, dan juga menemukan solusi untuk beradaptasi dengan hal-hal yang tidak begitu hebat.

Jadi, bagaimana kita bisa mengembangkan pikiran terbuka jika memiliki manfaat seperti ini?
Bagaimanapun, beberapa orang mungkin lebih sulit mengembangkannya daripada yang lain. Mari kita lihat.

Temukan Ide Baru

Cara pertama adalah mengeksplorasi ide, situasi, dan kepercayaan baru. Anda tidak perlu menerimanya, hanya mencoba melihat bagaimana orang lain mempertahankannya. Mengapa orang ini percaya X dan bukan Y? Apa yang cenderung dipercayai orang-orang di belahan dunia ini?

Cobalah untuk belajar lebih banyak tentang hal-hal yang Anda tidak begitu kenal. Jelajahi situasi yang baru dan menantang pandangan Anda yang sudah ada. Baca buku baru, tonton genre film, acara, dan video baru. Anda mungkin tetap tidak setuju tetapi paparan belaka pasti akan membantu pikiran Anda mendapatkan lebih banyak fleksibilitas.

Biarkan Orang Bicara

Seringkali, kita berpartisipasi dalam percakapan untuk berbagi sudut pandang kita. Tetapi ide yang baik untuk melatih pikiran terbuka adalah membiarkan orang lain berbicara lebih banyak daripada Anda. Biarkan diri Anda untuk mendengarkan dan menunda penilaian untuk sementara waktu. Ajukan pertanyaan kepada orang-orang di sekitar Anda dan biarkan mereka menjawab tanpa mengkritik apa yang mereka katakan.

Mendengarkan dapat meningkatkan komunikasi Anda dan membantu Anda benar-benar mendengar apa yang dikatakan orang dan membuka cakrawala baru untuk pandangan Anda tentang dunia.

Biarkan Diri Anda Bertanya

Berpikir terbuka terkait dengan selera humor yang baik dan kemampuan yang baik untuk tidak menganggap diri Anda terlalu serius. Itu juga bisa terhubung dengan keraguan. Tentu, ada ide dalam hidup Anda yang terlalu penting dan tidak apa-apa. Tetapi tanyakan pada diri sendiri dari mana asal kepercayaan Anda dan dari mana asalnya.

Mengapa Anda berpikir dengan cara tertentu? Apa yang Anda ketahui tentang topik tertentu? Di mana Anda mempelajarinya? Izinkan diri Anda untuk melihat dunia seperti anak kecil – seolah-olah Anda baru pertama kali melihatnya.


Posting Komentar untuk "Manfaat Berpikir Tanpa Batasan"