Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana "Membela Diri" Anda Sendiri

Membuat Anda "berdiri tegak"  adalah kemampuan yang penting dalam upaya membela diri Anda sendiri. Anda tidak dapat menghindarinya dalam hidup Anda.

Bagi banyak orang, menetapkan batasan adalah hal yang sulit, dan mereka merasa bahwa orang-orang di sekitar mereka tidak menghormati mereka sebagaimana seharusnya. Mereka mungkin menghadapi masalah di tempat kerja atau dalam hubungan mereka. Berikut adalah beberapa ide terbaik untuk mengembangkan keterampilan berkomunikasi secara tegas dan menetapkan batasan dengan cara yang sehat.

Jadikan Jelas Apa yang Anda Butuhkan

Anda perlu jelas tentang apa yang Anda butuhkan dan tunjukkan apa yang tidak akan Anda terima. Jangan harap orang lain bisa menebak dengan benar apa yang Anda inginkan. sangat bermanfaat untuk berkomunikasi dengan jelas tentang apa yang bisa dan tidak bisa Anda hadapi dan membicarakan hal-hal tersebut dengan orang-orang terdekat Anda.

Anda dapat berbicara dengan orang lain tentang apa yang Anda inginkan dan butuhkan, mempertimbangkan masalah saat muncul. Anda juga bisa menunjukkan apa yang merugikan kesehatan mental Anda dan meminta orang lain menghormati batasan ini. Terkadang, terasa seperti terlalu berlebihan, tetapi kemampuan untuk dengan jelas menyatakan keinginan dan kebutuhan Anda membuat situasi menjadi lebih mudah bagi semua orang.

Ini adalah hal yang baik untuk berkomunikasi, dan tidaklah tidak masuk akal untuk berbicara tentang topik-topik yang sulit ditangani atau situasi yang lebih baik dihindari.

Bicara saat Seseorang Tidak Memperlakukan Anda dengan Baik

Sulit untuk berbicara saat Anda merasa diperlakukan dengan tidak baik. Anda tidak perlu melakukannya dengan cara yang kasar atau keras. Sebaliknya, Anda dapat menyatakan dengan sangat sopan dan sangat jelas bahwa Anda tidak suka dengan apa yang sedang terjadi. Fokus pada perasaan Anda, tetapi buatlah dengan jelas apa yang menjadi masalah Anda.

Ini adalah keterampilan yang dapat Anda kembangkan sedikit demi sedikit. Semoga ini bukan situasi yang sering terjadi dalam hidup Anda, tetapi Anda dapat mempersiapkan apa yang mungkin akan Anda katakan sebelumnya.

Jika Anda mengenal seseorang yang sering bersikap argumentatif, siapkan diri Anda dan Anda harus mempunyai kalimat yang bisa digunakan untuk menjawab mereka. Pada awalnya, Anda mungkin akan kesulitan beberapa kali. Tetapi akhirnya, Anda dapat melihat bahwa ini berhasil dan ternyata Anda mampu melakukannya dengan sukses.

Ingatlah bahwa Anda berhak menetapkan aturan tentang bagaimana Anda diperlakukan

Anda mungkin tidak dapat mengatur bagaimana orang lain bertindak dalam semua situasi, tetapi Anda memiliki hak untuk memutuskan bagaimana Anda ingin diperlakukan.

Jika orang-orang bersikap tidak baik pada Anda atau melakukan hal-hal yang merugikan, Anda selalu memiliki pilihan untuk berhenti bergaul dengan mereka, pergi menjauh, atau memberi tahu mereka bahwa Anda tidak akan menyetujui perilaku ini.

Beberapa orang mungkin mengatakan bahwa Anda terlalu sensitif atau terlalu banyak berlebihan. Namun, meskipun begitu, Anda memiliki hak untuk menentukan bagaimana Anda tidak ingin diperlakukan dan apa yang penting bagi Anda.

Anda berhak menetapkan aturan dan mengubahnya untuk mendukung kesehatan mental Anda. Anda juga tidak ingin menjadi terlalu kaku, tentu saja, tetapi jika Anda tidak ingin orang lain menggunakan nama atau julukan tertentu, bersikap kasar, dan sebagainya, Anda berhak mengatakannya.

Beri Diri Anda Penghargaan

Seringkali, kita kesulitan untuk "berdiri tegak" karena merasa kurang pantas dibandingkan dengan orang lain. Pertimbangkan apakah Anda merasa kurang berharga daripada orang-orang di sekitar Anda. Kemudian, berikan diri Anda penghargaan.

Anda mungkin bukan orang terbaik di dunia, tentu saja, tetapi Anda tidak perlu menjadi yang terbaik untuk menghadapi perlakuan yang tidak adil atau membicarakan masalah yang mengganggu Anda. Kita semua layak diperlakukan dengan baik dan dengan hormat.

Jika sulit bagi Anda untuk memberi diri Anda penghargaan, pertimbangkan apakah Anda akan menerima teman yang sangat Anda cintai atau kerabat dekat yang diperlakukan seperti Anda. Apakah Anda akan berbicara dalam situasi itu? Jika ya, Anda berhak memberikan diri Anda perlakuan yang sama seperti yang Anda berikan kepada orang lain.

Lakukan secara Bertahap

Jika Anda selalu bersikap pemalu atau kurang berbicara, Anda tidak perlu mendorong diri Anda untuk mengubah segalanya sekaligus. Ini akan memerlukan waktu. Berikan diri Anda waktu dan mulailah berlatih keterampilan ini, karena ini adalah sebuah keterampilan.

Mungkin sulit untuk pergi dan menghadapi bos Anda. Mulailah dengan hal yang kecil. Katakan kepada pelayan bahwa Anda tidak mendapatkan minuman yang benar atau bahwa Anda ingin isi ulang. Bicarakan atas nama orang lain. Lihat bagaimana Anda dapat menjadi lebih nyaman dengan ini dari waktu ke waktu, dan kemudian Anda dapat mengaplikasikannya dalam situasi lain juga._red


Posting Komentar untuk "Bagaimana "Membela Diri" Anda Sendiri"