Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tidak Semua Masalah Bisa Diselesaikan: Hadapi atau Abaikan



Saat memecahkan masalah, gali akarnya alih-alih hanya memotong daunnya. - Anthony J. D’Angelo

Hidup seringkali melibatkan banyak pemecahan masalah. Masalah, terkadang, terus datang dan tidak pernah berhenti. Tetapi terkadang, kita mungkin menghabiskan berjam-jam dan banyak energi untuk mencoba memecahkan masalah yang tidak bisa diselesaikan.

Terima kenyataan bahwa tidak semua masalah bisa diselesaikan.  Ini disertai dengan peringatan tambahan. Tidak semua masalah bisa diselesaikan oleh Anda. Tidak semua masalah bisa diselesaikan sekarang. Dan terakhir, tidak semua masalah perlu diselesaikan.

Apa artinya ini?

Ketika menghadapi masalah, naluri pertama kita adalah mencoba dan menyelesaikannya. Tetapi sebelum kita melakukan itu, praktik yang baik adalah bertanya pada diri sendiri apakah masalah tersebut memerlukan keterlibatan kita. Apakah itu masalah Anda atau terutama masalah orang lain?

Apakah Anda memiliki alat untuk menyelesaikannya? Jika tidak, mungkin lebih baik untuk membuang masalah tersebut sama sekali dan tidak mengkhawatirkannya.

Rangkaian pertanyaan kedua adalah menanyakan apakah ini masalah yang bisa Anda selesaikan sekarang.  Beberapa masalah mungkin di luar jangkauan saat ini tetapi menjadi lebih mudah dipecahkan seiring berjalannya waktu, ketika kita memiliki lebih banyak sumber daya. Tidak semuanya perlu segera dikejar. Anda juga bisa membiarkan masalah itu tetap ada sampai waktunya tiba. Tidak semuanya mendesak.

Tidak semua masalah bisa diselesaikan sama sekali. Ada masalah global, di luar jangkauan Anda. Ada masalah pribadi yang mungkin tidak bisa diselesaikan dan perlu diatasi.

Kita sering diajari bahwa kita tidak boleh pernah menyerah sampai kita memecahkan masalah yang ada di depan kita. Tetapi terkadang solusi terbaik adalah mengetahui kapan harus membuangnya sama sekali.

Kapan masalah lebih mungkin masuk dalam kategori dibuang?  Ketika mereka tidak bergantung pada Anda atau tidak sepenuhnya bergantung pada Anda, misalnya. Ketika masalahnya tidak mendesak dan tidak terlalu penting untuk memengaruhi hidup Anda. Ketika Anda tidak memiliki alat untuk menyelesaikannya dan tidak akan memiliki alat untuk menyelesaikannya dalam jangka pendek.

Tentu saja, ini tidak berarti masalahnya akan hilang begitu saja. Anda mungkin perlu kembali lagi cepat atau lambat. Tetapi membiarkannya untuk saat ini juga merupakan pilihan yang valid dalam banyak situasi.


Posting Komentar untuk "Tidak Semua Masalah Bisa Diselesaikan: Hadapi atau Abaikan"